Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » » 10 Masakan Dari Daging Kambing Paling Enak Khas Nusantara

10 Masakan Dari Daging Kambing Paling Enak Khas Nusantara

Written By beehoney on Sabtu, 09 September 2017 | September 09, 2017


10 Masakan Dari Daging Kambing Paling Enak Khas Nusantara

Mami Koki  -  10 Masakan Dari Daging Kambing Paling Enak Khas Nusantara, Resep Masakan Nusantara – Indonesia memiliki keragaman adat istiadat dan budaya yang khas dan unik. Keragaman itu diantaranya dapat dilihat dari adanya berbagai macam makanan di seluruh nusantara. Hampir di setiap daerah memiliki makanan khas yang tidak dimiliki daerah lain. Beberapa masakan ini memang ada yang berasal dari negara lain namun biasanya telah dimodifikasi menjadi lebih familiar dengan lidah orang Indonesia.

Sate Kambing



Pembahasan tentang masakan berbahan baku daging kambing ini kami buka dengan masakan sate kambing. Sate kambing merupakan masakan yang sudah banyak dikenal oleh warga Indonesia. Hampir di semua tempat ada warung yang menyediaka makanan sate kambing. Masakan sate sendiri sebenarnya merupakan asakan yang berupa daging yang ditusuk dengan sujen (tusuk sate) kemudian dibakar dengan bara api. Untuk daging yang digunakan bervariasi bisa daging ayam, sapi, kerbau, dan kambing. Sate kambing biasanya disajikan dengan tambahan bumbu kecap dan disertai lalapan tomat dan juga taburan merica bubuk.

Gulai Kambing



Maskan dengan bahan baku daging kambing selanjutnya adalah gulai kambing. Gulai kambing disajikan dengan kuah yang rasanya nikmat. Masakan gulai kambing sangat cocok disajikan dalam kondisi panas. Membuat gulai kambing sendiri tentunya tidak mudah. Kalau memasaknya tidak benar maka hasil olahan daging kambing tidak akan sedap bahkan menjadi prengus. Oleh karena itu perhatikan selalu tips tips memasak daging kambing agar tidak berbau prengus. Masakan gulai kambing ini dapat dijadikan sebagai alternatif untukmemasak bagian kambing berupa jeroan. Karena dalam pembagian hewan kurban biasanya juga disertai engan jeroan kambing yang dapat anda masak menjadi gulai yang enak.

Tengkleng Kambing



Selain daging kambing dan jeroan kambing, bagian kambing yang ikut dibagikan adalah bagian tulang kambing. Tulang kambing ini sangat enak apabila dimasak tengkleng. Masakan tengkleng sebenarnya hampir mirip dengan gulai kambing namun kuahnya lebih encer. Di Solo masakan tengkleng ini menjadi sajian kuliner khas yang sangat diminati baik oleh warga Solo sendiri maupun wisatawan di Kota Solo.

Tongseng Kambing



Satu lagi ide memasak daging kambing yang dapat anda coba yaitu tongseng kambing. Tongseng kambing merupakan salah satu masakan dari daging kambing yang berkuah namun berbeda dengan gulai. Masakan tongseng kambing sangat nikmat apabila disajikan dalam kondisi hangat baik di siang hari ataupun pada malam hari. Daging kambing yang dimasak tongseng dapat memberi kenikmatan tersendiri dan lebih segar karena tidak mblenger.

Semur Daging Kambing



Tidak hanya daging sapi saja yang dapat dimasak semur namun dagng kambing pun juga dapat dimasak semur. Untuk urusan rasa tentunya juga tidak kalah dengan semur sapi yang banyak terdapat di luar sana. Masakan semur dapat dijadikan sebagai alternatif apabila ada anggota keluarga yang tidak suka dengan masakan asin. Masakan semur memang memiliki cita rasa yang manis sehingga cocok apabila anda menginginkan masakan manis.

Bistik Kambing



Sama halnya dengan masakan semur kambing, bistik kambing juga bercita rasa manis namun berbeda dengan semur kambing. Masakan bistik kambing ini merupakan salah satu alternatif memasak daging kambing yang sangat bagus karena dapat mengurangi aroma prengus kambing. Masakan bistik merupakan masakan yang menggunakan bumbu tambahan berupa kecap manis.


Rendang Kambing



Salah satu masakan khas dari Padang adalah rendang. Masakan rendang biasanya dibuat dari daging sapi. Namun anda dapat mengkreasikannya dengan daging kambing. Tentu saja bumbu membuat rendang kambing ini tidak jauh beda dengan rendang daging sapi. Rasa dari rendang daging kambing ini juga terasa enak sehingga resep membuat rendang daging kambing ini sangat patut untuk anda coba di rumah.


Tumis Iga Kambing



Salah satu bagian dari kambing yang sangat enak adalah di bagian iga. Di bagian ini terdapat daging yang masih menempel pada tulang iga. Daging ini memiliki tekstur yang berbeda dari daging kambing yang lain. Oleh karena itu bagian iga ini banyak diminati oleh masyarakat. Salah satu cara untuk menikmati iga kambing adalah dengan memasaknya menjadi Tumis iga kambing. Masakan dari daging kambing ini rasanya juga sangat enak sehingga layak untu dicoba dirumah sebagai alternatif mengolah daging kurban Idul Adha nanti.



Sop Kaki Kambing



Kambing setelah disembelih tidak hanya diambil dagingnya saja, namun ada juga berbagai macam bagian tubuh dengan ciri khas yang berbeda beda. Salah satu bagian kambing yang dibutuhkan teknik khusus dalam mengolahnya adalah kaki kambing. Bagian kaki kambing ini sebelum dimasak haruslah diambil bulunya dulu. Untuk mengambil bulu kambing ada yang dengan cara dibakar ada juga yang dikupas kulitnya. Setelah bulunya bersih kemudian dicuci bersih dan direbus sampai empuk dan barulah dimasak. Salah satu cara untuk memasak kaki kambing adalah dengan membuatnya menjadi Sop kaki kambing. Jika anda pintar membuatnya maka masakan ini pasti akan dapat disukai seluruh anggota keluarga anda.


Rica-Rica Kambing



Kalau masakan ini pastinya juga tidak asing bagi lidah Indonesia. Rica-rica biasanya digunakan untuk memasak ayam. Namun apabila menggunaan daging kambing sepertinya juga akan menjadi suatu hidangan yang sangat enak. Masakan rica kambing merupakan jenis masakan yang tidak menggunakan kuah. Masakannya cenderung pedas sehingga tidak cocok apabila diberikan kepada anak kecil.


SHARE

About beehoney

0 komentar :

Posting Komentar